09 Januari 2011

Sekilas TO Akbar 2011

Setelah pergantian kepengurusan pada 23—24 Oktober 2010, IKKP STAN menyelenggarakan program kerja pertamanya dengan nahkoda yang baru, yaitu Try Out Akbar USM STAN 2011. Event yang telah menjadi agenda rutin IKKP STAN tiap tahunnya ini diadakan di SMA N 1 Pati pada tanggal 30 Desember 2010. Sebanyak 623 peserta dari berbagai SMA dan yang sederajat sangat antusias mengikuti Try Out Akbar USM STAN ini. ada yang berasal dari dalam dan luar kota. kebanyakan dari mereka tertarik masuk STAN setelah mendapat pengarahan singkat (briefing) di sekolah mereka masing-masing beberapa hari sebelumnya. hal ini lah yang membuat jumlah peserta tahun ini tergolong banyak. Terlebih lagi Try Out kali ini diadakan ketika masa liburan akhir semester. Jadi mereka memilih memanfaatkannya untuk kegiatan yang positif daripada berdiam diri di rumah.


Tingkat antusiasme yang tinggi juga diperlihatkan ketika mereka datang ke lokasi ujian. Banyak peserta yang sudah datang pada pukul 06.00, padahal Try Out Akbar USM STAN 2011 dimulai pukul 08.00. ketika ditanya mengenai hal itu kepada salah seorang peserta dari luar kota, dia menjawab bahwa hal itu dikarenakan rumahnya jauh dan dia belum sempat melihat pembagian ruangnya. Memang, pengumuman mengenai pembagian ruang-ruang baru ditempel satu hari sebelumnya. Ada juga yang ingin menukarkan tiket lebih awal untuk menghindari antrian. Umumnya, peserta datang bergerombol sesuai dengan asal sekolah masing-masing.

Jadi, sebelum mengikuti simulasi USM STAN ini, peserta diwajibkan menukarkan tiket sementara/ kuitansi pembayaran dengan tiket asli bagi yang belum mendapatkannya. Lokasi penukaran tiket ini berada di samping tempat parkir. Panitia sempat kewalahan melayani melihat jumlah peserta yang datang awal lumayan banyak. Namun hal itu bisa ditangani dengan baik. Setelah itu mereka bisa melihat daftar pembagian ruang yang tertempel di gerbang samping dan di tempat strategis lainnya. lokasi SMA N 1 Pati yang begitu luas sedikit membingungkan peserta, terutama yang berasal dari luar kota. Untungnya, ada panitia yang selalu tanggap dan informative kepada peserta.

Tepat pukul 08.00 Try Out Akbar USM STAN 2011 dimulai. Suasana yang semula riuh rendah berubah menjadi hening seketika. Seluruh peserta yang dibagi menjadi 25 ruangan, bersungguh sungguh mengerjakan soal layaknya hari itu adalah USM STAN yang sebenarnya. Setiap kelas dijaga oleh seorang pengawas berjas almamater STAN. Tidak ada tradisi contek mencontek seperti yang biasa dilakukan di SMA. Karena jika hal itu terjadi dan diketahui oleh pengawas, peserta akan didiskualifikasi. Peraturan ini memang mengadopsi peraturan resmi yang berlaku di STAN. Tidak hanya ketika USM, namun juga semua ujian yang dilangsungkan selama kegiatan perkuliahannya akan mendapat ganjaran yang serupa. Dipulangkan ke daerah masing-masing alias Drop Out. Dan panitia mulai menerapkan kedisiplinan tersebut sejak simulasi USM STAN ini.

Pukul 11.00 ujian berakhir. Raut gembira, puas, sedih, dan kecewa menghiasa wajah wajah peserta yang baru saja keluar dari ruangan. Namun acara tidak selesai begitu saja. Mereka lantas dipersilahkan untuk naik ke musholla SMA N 1 Pati untuk mengikuti agenda berikutnya yaitu perkenalan dengan STAN dan IKKP STAN serta pengumuman hasil Try Out Akbar USM STAN 2011. sebelumnya, peserta bisa mendapatkan snack dengan memperlihatkan tiket asli di sepanjang jalan menuju tempat acara berlangsung. Mengingat jumlahnya yang begitu banyak, terjadi penumpukan sehingga menyebabkan jalan yang harus dilalui padat merayap.

Dalam acara tersebut, panitia terlebih dahulu memperkenalkan STAN kembali kepada peserta. master of ceremony meyakinkan seluruh peserta yang hadir bahwa STAN adalah tujuan terbaik setelah mereka lulus SMA. Setelah itu, ketua IKKP STAN yang terpilih, Muhammad Ulinni’am memberikan sambutannya yang dibuka oleh kabid acara, Anggi Ardianto. Acara secara resmi ditutup pukul 1.30. Secara keseluruhan, acara berlangsung dengan lancar dan diakhiri dengan pembagian doorprize dan pengumuman hasil Try Out Akbar USM STAN 2010. Berikut daftar peringkat 3 terbaik yang semuanya berasal dari SMA N 1 PAti.

1. RIYAN ANGGA PUTRA
2. INDRIA D
3. ADINDA SUKMARANI PUTRI

Hasil Try Out Akbar USM STAN 2011, kunci jawaban, serta pembahasan dapat didownload di link dibawah :



(mlk)



1 komentar:

Unknown mengatakan...

soal to akbar jg mohon di upload bos.. gw gak punya
:) http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/5.gif


Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda baik saran, kritik, dan lainnya agar kami menjadi lebih baik..

Anda dapat menggunakan smiley di bawah ini: