04 Maret 2008

Tentang Kami

IKKP (Ikatan Keluarga Kabupaten Pati) adalah sebuah organisasi kedaerahan (Organda) yang beranggotakan mahasiswa-mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang berasal dari daerah kabupaten Pati. Tidak hanya mahasiswa yang dilahirkan di Pati saja, yang pernah bersekolah di Pati atau pernah tinggal di Pati juga boleh menjadi anggota IKKP.

Sejarah IKKP
Organisasi ini pertama kali didirikan dengan nama Ikatan Keluarga Karesidenan Pati yang juga disingkat IKKP. Anggotanya meliputi mahasiswa yang berasal dari wilayah karesidanan Pati yaitu Kabupaten Pati sendiri, Kab. Jepara, Kab. Kudus dan Kab. Rembang. Tetapi kemudian mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari Kudus dan Jepara memisahkan dari IKKP dan membentuk organisasi sendiri. Kemudian mahasiswa yang berasal dari Rembang juga membentuk sebuah organisasi yang terpisah. Karena itu nama IKKP juga berganti menjadi Ikatan Keluarga Kabupaten Pati.

Kegiatan-kegiatan IKKP
Berdasarkan Anggaran Rumah Tangga (ART) IKKP-STAN yang telah disetujui, kegiatan-kegiatan IKKP adalah untuk:
  1. Mengusahakan kepentingan bersama bagi anggota
  2. Menggunakan segala kreativitas dan kemampuan yang ada untuk membantu masyarakat
  3. Memelihara kerjasama dan mempererat tali persaudaraan dengan mahasiswa dari daerah lain
  4. Mengadakan usaha-usaha lain sepanjang tidak bertentangan dengan asas dan tujuan organisasi
Jenis-jenis kegiatan yang dilakukan antara lain:
  • Briefing ke SMA
    Ini merupakan kegiatan untuk menjelaskan gambaran tentang Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) kepada teman-teman yang masih di SMA. Ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi alumni SMA yang telah menjadi mahasiswa di STAN.
  • Try Out
    Acara ini adalah untuk memberi latihan atau sebagai uji coba menghadapi Ujian Saringan Masuk (USM). Acara ini cukup banyak diikuti dan dilakukan rutin setiap tahun.
  • Kompetisi Liga Jateng-DIY dan Liga Champion
    Merupakan kompetensi yang cukup bergengsi antar organisasi kedaerahan dalam kemampuan sepakbola. Pada tahun 2009 IKKP berhasil merebut Juara I.
  • Halal Bihalal, pergantian kepengurusan, dan penyambutan mahasiswa anggota baru
    Karena jadwal tahun ajaran yang dimulai berdekatan dengan hari raya Idul Fitri, sehingga beberapa acara tersebut dilaksanakan bersamaan.
  • Piknik dan Wisata
    Kegiatan untuk menyegarkan dan mempererat rasa kekeluargaan anggota-anggota IKKP. Dan juga dengan mahasiswa dari kampus lain seperti pada tahun 2009 piknik ke Bandung bersama teman-teman ITT-Telkom Bandung.
  • Acara lain
    Acara-acara yang lain seperti kegiatan bakti sosial, syukuran dan do'a bersama, pulang kampung bareng dan lain-lain.

Keanggotaan
Anggota IKKP dapat berasal dari mahasiswa D-I, D-III maupun D-IV Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Jenis keanggotaan ada 2 yaitu anggota biasa dan anggota kehormatan. Anggota biasa adalah mahasiswa dari Pati yang masih mengikuti pendidikan perkuliahan di STAN. Anggota biasa yang telah berakhir masa pendidikannya sebagai mahasiswa D-I dan D-III atau alumni berubah status menjadi anggota kehormatan.

Anggota-anggota IKKP STAN berdasarkan tahun masuk:


Kepengurusan
Pengurus panitia ditunjuk melalui rapat anggota IKKP. Kepengurusan berjalan selama 1 (satu) tahun pendidikan di STAN.

Kepengurusan IKKP tahun 2010/2011 :

Ketua:Mohammad Ulinniam
Wakil Ketua:Mohammad Syarif
Sekretaris:Wika Wahyu F
Bendahara:Diah Lani Oktavia