Minggu 31 Mei 2009, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dalam pengumuman sebelumnya bahwa pada hari tersebut dilaksanakan Ujian Saringan Masuk (USM) Program Diploma I Kepabeanan dan Cukai. Ujian tersebut dilaksanakan serentak di 20 kota seluruh Indonesia yaitu: Jakarta, Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Makassar, Balikpapan, Cimahi, Manado, Banda Aceh, Padang, Semarang, Surabaya, Denpasar, Batam, Kupang, Pontianak, Sorong, Jayapura, dan Ambon. Jumlah peserta yang terdaftar mengikuti ujian ini sebanyak 8.876 setelah selama sekitar 3 minggu tanggal 4-22 Mei 2009 pendaftaran dibuka.
Dari sekian jumlah peserta, 1.238 orang terdaftar mengikuti USM di Jakarta yang dilaksanakan di Kampus STAN Bintaro. Ujian menggunakan Gedung C, D dan G (aula). Ujian dilaksanakan dimulai pukul 08.00 WIB serentak di seluruh Indonesia. Peserta diberikan 180 soal yang harus dikerjakan selama 150 menit. Dan Ujian selesai sekitar pukul 11.00 WIB.
USM yang dilaksanakan tersebut memang diperuntukkan secara khusus bagi Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai saja. Hal ini terkait dengan kebutuhan mendesak calon pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Departemen Keuangan. Pengumuman kelulusan ujian tahap 1 tersbut akan dijadwalkan pada hari Kamis, 11 Juni 2009 mulai pukul 10.00 WIB di lokasi Ujian atau situs resmi STAN. Peserta USM yang nantinya dinyatakan lulus masih akan mengikuti ujian saringan berikutnya berupa Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Psikotest. Peserta yang mampu melalui seluruh tahapan ujian saringan ini direncanakan akan memulai perkuliahan pada bulan September hingga Desember 2009.

(Terbaru!)
Sangat disayangkan pelaksanaan USM kali ini diwarnai sebuah kecurangan yang dilakukan oleh beberapa oknum peserta ujian. Kecurangan terjadi di salah satu kota penyelenggara USM yaitu Makassar. Info lebih lanjut : "Penangkapan Pelaku Kecurangan USM STAN"

sumber : stan.ac.id




1 komentar:

Anonim mengatakan...

:):):):))


Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda baik saran, kritik, dan lainnya agar kami menjadi lebih baik..

Anda dapat menggunakan smiley di bawah ini: