Ujian Saringan Masuk USM Bea Cukai 2009 dilaksanakan serentak di 20 kota di beberapa daerah Indonesia, dan salah satunya adalah di Makassar. Ujian dimulai sekitar pukul 10.30 WITA dan untuk daerah Makassar ujian dilaksanakan di lokasi kompleks gedung Sekolah Terpadu Athirah Jalan Bontolempangan Makassar. Peserta yang mengikuti ujian ini sekitar 420.
Satu hal yang disayangkan adalah terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh beberapa oknum peserta ujian. Mereka berjumlah sebanyak 7 orang yang merupakan lulusan dari beberapa SMA di Sulawesi Selatan bahkan salah satu pelaku adalah drop-out dari Prodip I Bea Cukai di Makassar. Modus yang digunakan adalah penjokian dengan menggunakan alat bantu komunikasi yaitu telepon genggam (handphone) yang telah dimodifikasi sehingga menyerupai alat bantu pendengaran. Sekilas memang dapat mengelabuhi pengawas ujian, akan tetapi karena suasana ujian yang sangat hening sehingga percakapan yang dilakukan pelaku terdengar oleh pengawas dan kemudian satu komplotan tertangkap kemudian.
Pelaku kemudian diproses dan diharuskan membuat surat pernyataan. Tidak ada campur tangan dari kepolisian dalam penyelesaian masalah ini. Semoga dengan tertangkapnya pelaku pelaksanaan USM menjadi semakin baik, apalagi tidak lama lagi USM STAN reguler akan dilaksanakan. Dan para sindikat yang mencoba mencari celah melalui tindakan kecurangan USM akan menjadi jera.
Kami hanya berpesan agar para peserta berusaha dengan maksimal kemampuannya. Jika ada pihak yang dapat menjamin 100% kelulusan anda berhati-hatilah karena itu merupakan suatu bentuk penipuan dan kecurangan.



Alat terpasang pada pelaku


Handphone yang telah dimodifikasi


Ke-tujuh pelaku dan suasana saat Ujian dilaksanakan



1 komentar:

Unknown mengatakan...

DAPATKAN OLEH-OLEH KHAS BALI DI HTTP://INDOCRAFT2000.BLOGSPOT.COM
MAKASIH


Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda baik saran, kritik, dan lainnya agar kami menjadi lebih baik..

Anda dapat menggunakan smiley di bawah ini: